Senin, 15 Januari 2018

Benarkah paru-paru basah disebabkan karena tidur di lantai

Benarkah paru-paru basah disebabkan karena tidur di lantai,- Tentu Anda sering mendengar kata-kata ini, "Jangan tidur di lantai, nanti kena paru-paru basah". Tapi benarkah tidur di atas lantai bisa menyebabkan penyakit paru-paru basah?

Sebenarnya istilah paru-paru basah sendiri tidak dikenal dalam dunia medis. Penggunaan istilah ini lebih populer di kalangan masyarakat awam. Lalu apa penyebab penyakit ini?

Menurut Spesialis Penyakit Dalam dan Spesialis Paru RS. Wahidin Sudirohusodo Makassar, Dr. M. Harun, penyakit paru-paru ini lebih disebabkan oleh kuman, virus dan jamur. Penyebabnya karena pencemaran udara, makanan dan minuman yang terkontaminasi dan ruangan yang lembab.

Tanda dan ciri-ciri penyakit paru-paru basah adalah adanya batuk yang tak mau berhenti. Batuk ini bisa jadi indikasi adanya infeksi baik itu terjadi pada tenggorokan maupun paru-paru.

Infeksi ini menyebabkan cairan berlebihan di dalam rongga pleura. Pleura adalah lapisan tisu tipis yang menutupi paru-paru dan melapisi dinding bagian dalam rongga dada. Melindungi dan membantali paru-paru.

Jaringan ini mengeluarkan sejumlah kecil cairan yang bertindak sebagai pelumas yang memungkinkan paru-paru untuk bergerak dengan lancar di rongga dada saat bernapas. Namun ketika cairan tersebut berlebihan dan menumpuk maka bisa menimbulkan gejala-gejala tertentu, seperti nyeri dada saat menarik dan membuang napas, batuk, demam serta sesak napas.

Gejala efusi pleura biasanya terasa jika kondisi ini sudah memasuki level menengah atau parah. Jika penumpukan cairan masih tergolong ringan, biasanya penderita tidak akan merasakan gejala apa-apa. Efusi pleura bukan merupakan suatu penyakit melainkan sebuah gejala serius yang dapat mengancam jiwa penderita.

Gejala efusi pleura biasanya terasa jika kondisi ini sudah memasuki level menengah atau parah. Jika penumpukan cairan masih tergolong ringan, biasanya penderita tidak akan merasakan gejala apa-apa.

Pada keadaan normal, rongga pleura hanya mengandung sedikit cairan sebanyak 10-20 mililiter yang membentuk lapisan tipis pada pleura parietalis dan viseralis. Fungsi utama sebagai pelicin gesekan antara permukaan kedua pleura pada waktu pernafasan.

Penyakit-penyakit yang dapat menimbulkan efusi pleura adalah tuberkulosis, infeksi paru non-tuberkulosis, keganasan, sirosis hati, serta gagal jantung kongestif.

Ketika Anda mendapati batuk yang tak kunjung berhenti, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan dan obati dengan benar. Sebab penyakit paru-paru basah bisa bertambah parah jika tidak mendapat pengobatan dari awal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar